RSS

How fast can you go?

05 Feb

Beberapa waktu lalu saya sempat ngobrol2 dengan ipar saya yang sedang liburan ke Jakarta. Ya seperti standard yang sudah2, paling obrolan kita gak jauh2 dari gadget, internet, and some other electronic devices.

Disela-sela obrolan tersebut, ada hal yang cukup menyentil saya, yaitu ketika saya bertanya :
Me : “Mas di sana (Singapore) dapet berapa speed internetnya?”
Him : Sekitar 100Mbps
Me : Hee…?? Masak sih? Gak mungkin ah..
Him : Iya beneran…

Well sebagai orang IT (caelah :D) tentu saja saya agak agak kurang percaya dengan ucapan dia, tetapi entah mungkin dia salah atau memang koneksi di apartmen beliau memang yg high speed, tapi yang jelas saya masih kurang yakin dengan kebenarannya karena setau saya Negara dengan internet speed tercepat adalah korea selatan (dan saya gak pernah tuh dapet 100Mbps).

Maka demi membayar rasa penasaran saya, setelah googling kesana kemari saya menemukan beberapa sumber yang menyajikan hasil data yang berbeda2.
But, secara overall… dari sumber, sumber, sumber, sumber , sumber berikut saya rangkumkan beberapa Negara dengan kecepatan “Kereta express” :

Data 2009

Data 2010

Yeps.. South Korea…
No wonder, ketika beberapa kali saya terpaksa bekerja disana (tepatnya kota kecil bernama Suwon) internet hotelnya sangat luar biasa. Bahkan jika ingin menonton TV series atau latest box office movies, saya hanya cukup klak-klik sedikit sana-sini kemudian pergi ke toilet sambil menghabiskan sebatang rokok, dan ketika kembali ke monitor film-film tersebut sudah siap di tonton😀

Oiya, berdasarkan hasil googling saya notabene speed tercepat yang pernah di raih dalam speed test adalah sekitar 59Mbps *amaze* *_*

Dan tentang Singapore sendiri, ternyata Singapore ‘hanya’ memiliki average speed 3Mbps, ya mungkin masih masuk dalam peringkat belasan atau dua puluhan di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia sendiri?
Secara rata-rata (ingat rata-rata, bukan tercepat) Internet Indonesia adalah sekitar 600-700kbps meskipun mungkin ada beberapa provider yang menyediakan untuk segelintir pelanggan kecepatan internet berlabel Mbps. Dan yang perlu di jadikan catatan adalah angka 600-700kbps tersebut mungkin hanya bisa menjadi rata-rata dari kota2 besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta.

Ya akhir kata, mari kita sama2 berdoa supaya internet di Negara kita ini lebih maju lagi😀

Fastnet dari firstmedia, salah satu provider diindonesia yang menyediakan jasa internet broadband

 
Leave a comment

Posted by on February 5, 2011 in ComputerNStuff

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

 
